Susah Lihat Orang Senang, Senang Lihat Orang Susah (Sebuah Fenomena)


Dari Abu Hurairah rodhiallohu ‘anhu berkata, Rasulullah sholallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian saling dengki, jangan saling menipu, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi, dan jangan kalian membeli suatu barang yang (akan) dibeli orang. Jadilah kamu sekalian hamba-hamba Alloh yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, tidak layak untuk saling menzhalimi, berbohong kepadanya dan acuh kepadanya. Taqwa itu ada disini (beliau sambil menunjuk dadanya 3 kali). Cukuplah seseorang dikatakan jahat jika ia menghina saudaranya sesama muslim. Haram bagi seorang muslim dari muslim yang lainnya, darahnya, hartanya, dan harga dirinya” (HR. Muslim).

Motor gw memang jelek. Hampir setahun, Honda Grand Legenda2 ini menemani gw –ke kantor dan tempat-tempat lainnya. Sudut-sudut kota kecil ini pun mulai akrab dengan suara sember-nya. Walau pernah gw bikin jatuh, bebek butut ini masih enak dibawa ngacir –dan buat ngebonceng cewe juga ga malu-maluin banget 😆 . Bisa dibilang keberadaan motor ini vital buat gw.

Tapi siapa sih yang tega berbuat ini. Gw kaget banget 😯 . Baru kembali dari kampung halaman, kemudian harus menghadapi kenyataan bahwa motor gw porak poranda 😐 . Awalnya sih sempat positive thinking: mungkin ini kerjaan maling. Maling besin. Lihatlah, tangki bensin kosong melompong. Tapi tataplah lebih dalam, motor gw kacau balau. Ban, dua-duanya kempes. Spion hilang. Plat motor raib (terlihat tanda-tanda kekerasan). Saluran bensinnya dicopot. Dan businya dibungkus plastik. 😥

Terkutuk 😡 . Sungguh biadab yang berbuat itu pada motorku sayang. 👿 Sempat marah, tapi bingung harus marah kepada siapa. Sempat terpikir mau lapor polisi, tapi tidak punya bukti yang cukup. Firasat mengatakan: ini orang dekat. Mungkin orang yang sakit hati atau dendam pada gw. ❗

Selidik punya selidik, gw akhirnya tahu siapa yang (kemungkinan besar) men-sabotase motor gw. Dia orang yang benci sama gw –bukan karena gw pernah bikin salah sama dia. Tapi karena dia memang type orang yang “susah lihat orang senang. Dan senang lihat orang susah.” Dalam hati gw sempat nge-batin, “kok ada ya orang kayak gini.” 😦

Hari-hari berikutnya, gw mendapatkan kabar yang lebih pahit. Ternyata bukan hanya motor yang dirusaknya. He tried to kill me. He assassinated my character. 😦 Dihembuskannya napas kebencian. Dia hasut orang-orang –mempresentasikan gw sebagai manusia yang jahat dan brengsek. Dia tebar isu-isu yang menyesatkan. Walhasil image gw jadi buruk di mata orang.

Sesekali gw lihat di wajahnya ada kepuasan. Dan akan lebih puas bila gw bereaksi seperti yang dia harapkan. Dia berharap gw marah dan frustasi. 🙄 Tapi tunggu dulu, ini hanya akan membuatnya senang bila gw menampakkan kemurkaan. Lalu gw baca dan resapi hadist Nabi di awal tulisan ini. Rasanya tidak pantas membalas keburukan dengan keburukan :). Biar Allah SWT yang membalasnya. Sebab Allah Maha Penyayang —pertama-tama Beliau akan menunjukkan kepadanya jalan tuk bertaubat dari penyakit hasad/ dengki —sebelum akhirnya menjatuhkan balasan. 🙂

Ingin kututup tulisan ini dengan sebuah doa. Doanya Abu Bakar Ash-Shiddiq. 😀

Ya Allah, jadikan aku lebih baik daripada semua yang mereka sangka. Dan ampuni aku atas aib-aib yang tak mereka tahu.

Abu Bakar Ash-Shiddiq

Iklan
  1. Gila bro..!! Motor loe digituin sm tuh orang..??
    penasaran siapa sih orangnya..??
    Tega banget.. nget.. nget..

    Sabar aja ya bro..?!
    “Kebenaran pasti akan menemukan jalannya”

    nitip jemuran sekalian lah.. biar loe bisa tertawa sejenak menghilangkan amarah yg terpendam…
    Monggo diliat :

    http://storyza.wordpress.com/2011/03/05/profil-dan-lirik-lagu-udin-sedunia/

    • Yup, tega banget. 😐

      sekarang hobi menyecer link dmana2 ya bro. silahken bro. smoga dapat menaikkan state dan pagerank 😀

    • si oom as varioputiih
    • Maret 6th, 2011

    walah-walah, segitunya 😦
    emangnya motor ditaroh mana oom?!
    semoga si pelaku diberi pencerahan hatinya 🙂
    salam kenal 🙂

    • Di taruh di mes, dijejer dengan tiga motor lainnya. tapi yang dirusak cuma motor gw. memang sungguh sebuah kesengajaan. 😦
      Smoga sipelaku kembali ke jalan yang benar 🙂

      salam kenal juga Om.

      Nb: gmn kalau tukaran Link untuk memperat persaudaraan di jagat blogsphere. 😀

    • anindita
    • Maret 7th, 2011

    sabar mas,,
    di doain yang baik2 aja..
    biar Allah yang membalas..
    ok?

    • Tito
    • Maret 18th, 2011

    Ganti motor aja ry… 😀

    • maunya juga begitu, Pak. tapi pan kudu belajar prihatin hidup di kota kecil ini 😀

    • lek jono
    • Maret 18th, 2011

    Cuek aja bro… biasa orang sirik tanda tak mampu :3
    Semoga sabar.

  2. hehehehe 😀
    Cuek aja lah… so lanjut 😀

    • Arie Cewe
    • Mei 18th, 2011

    wah, hebat kau, sampe bikin orang lain berbuat keji begitu.. hihihi..

    • shafira
    • Maret 12th, 2012

    izin kopi hadits na:).tq b4

  3. Fenomal. hal ini betul-betul terjadi di lingkungan sekitar.. semoga setelah membaca artikel ini banyak hidaya yang di dapatkan. Inspiratif

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: